Rabu, 30 Mei 2018

Akibat Kekurangan Dan Kelebihan Asupan Yodium Untuk Tubuh

5 Akibat Kekurangan Dan Kelebihan Asupan Yodium Untuk Tubuh Selamat datang di situs kesehatan https://pengobangondok.blogspot.com – Pada situs ini Anda akan di informasikan tentang kesehatan dan juga yang berhubungan dengan masalah penyakit gondok beracun. Yodium adalah salah satu mineral dan zat yang sangat di butuhkan oleh tubuh manusia dan yang paling utama adalah yang di butuhkan oleh kelenjar tiroid. 

Kelenjar tiroid merubah yodium menjadi hormon tiroid. Dimana hormon tiroid ini yang mengontrol pertumbuhan, memperbaiki sel yang rusak dan juga sangat mendukung metabolisme tubuh yang sangat sehat. Oke baik untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai akibat kekurangan dan  kelebihan asupan yodium, mari kita simak penjelasan nya di bawah ini.

Apa Itu Yodium ?

Yodium ini sangat dibutuhkan oleh tubuh, pengertian dari yodium atau bisa dsebut juga dengan Iodium, adalah unsur kimia yang tertulis pada tabel periodik memiliki simbol (I dan nomor atom 53). Yodium ini memiliki unsur yang termasuk ke dalam golongan unsur kimia yang dikenal juga dengan sebutan holagen.
Sifat yodium pada suhu dan pada tekanan biasa, yodium ini berwarna abu gelap atau ungu hitam yang berbentuk padatan yang siap di tersublimasi. Yodium akan berubah dari fase padat ke fase gas, gas ini memiliki warna ungu dan juga merah muda serta memiliki bau yang sangat menyengat.
Yodium sendiri adalah suatu unsur kimia yang dibutuhkan untuk pertmbuhan dan juga kelangsungan hidup. Yodium dapat ditemukan dalam jumlah yang sangat bervariasi yaitu pada tanaman dan makanan hewani. Tempat seperti laut adalah reservoir yang kaya akan yodium yang sangat alami. Oleh karena itu makanan ikan laut dan juga rumput laut adalah salah satu makanan alami yang menjadi sumber yang paling kaya mengandung yodium.

Manfaat Yodium Untuk Tubuh

  • Mengontrol nilai metabolisme
  • Menjaga tingkat energi optimal
  • Membuat kulit sehat
  • Membantu mencegah jenis kanker tertentu
  • Mendetok tubuh dari bahan kimia beracun

Efek Samping Akibat Kekurangan Yodium

Yodium sendiri sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan metabolisme serta membantu pertumbuhan manusia. Jika seseorang kekurangan yodium, Maka itu akan menjadi kondisi yang kurang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa gejala dan efek samping kekurangan yodium.

1. Terjadi pembengkakan di leher

Gejala yang paling umum bagi seseorang yang kekurangan yodium adalah terjadinya pembengkakan di sekitar depan leher. Kondisi ini sering disebut dengan gondok hal ini terjadi karena kelenjar tiroid tumbuh terlalu besar. Kelenjar tiroid merupakan kelenjar kecil yang berbentuk seperti halnya kupu-kupu yang terletak di bagian leher depan.
Kondisi ini produksi hormon tiroid yang abnormal setelah menerima sinyal dari thyroid-stimulating hormone atau bisa disebut dengan (TSH). Ketika kadar TSH meningkat, kelenjar tiroid menggunakan yodium untuk membuat hormon tiroid, tapi jika anda kekurangan yodium, ini akan menjadi kondisi yang yang kurang baik untuk kesehatan tubuh anda.

2. Mudah merasa lelah dan merasakan lemas

Merasakan mudah lelah dan juga lemas merupakan salah satu gejala dan juga efek samping dari kekurangan nya asupan yodium terhadap tubuh seseorang. Bahkan beberapa penelitian yang dilakukan oleh salah satu lembaga, hasilnya menemukan bahwa hampir 80% orang memiliki kadar hormon tiroid yang sangat rendah, hal ini dikarenakan oleh kasus dari kekurangan asupan yodium. mereka yang kekurangan yodium akan merasakan mudah lemas dan juga lelah.
hal ini dikarenakan kelenjar tiroid membantu memproduksi energi bagi tubuh. Ketika kadar hormon tirodi pada seseorang lemah, maka ini akan menjadi kondisi dimana tubuh tidak dapat menghasilkan banyak energi seperti biasanya dan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya tingkat energi Anda menurun dan membuat Anda merasa cepat lelah dan juga lemas.

3. Mengakibatkan kerontokan rambut

5 Akibat Kekurangan Dan Kelebihan Asupan Yodium Untuk Tubuh – Selain membuat tubuh lemas dan juga mudah lelah, Kekurangan yodium juga dapat mengakibatkan kerontokan rambt. Hal ini dikarenakan oleh hormon tiroid yang membantu mengontrol pertumbuhan folikel pada rambut. Ketika kadar hormon pada seseorang rendah, folikel rambut akan berhenti untuk beregenerasi. apabila kondisi ini terus menerus terjadi, maka akan menyebabkan kerontokan pada rambut.

4. Kulit kering

Efek samping kekurangan yodium yang ke empat adalah terjadinya kondisi kusam nya kulit atau kulit kering. Kulit yang kering atau bahkan mengelupas dapat terjadi karena seseorangan kekurangan yodium. Hormon tiroid yang mengandung yodium, akan membantu sel-sel kulit seseorang untuk beregenerasi. Ketika hormon tiroid rendah, Regenerasi pada kulit tidak akan terjadi dengan menyesuaikan yang dibutuhkan oleh kulit, Hal ini dapat mengakibatkan dari terjadinya kekeringan kulit.

5. Masalah selama kehamilan

Seseorang wanita hamil akan berisiko kekurangan kadar yodium. Kondisi ini mewajibkan seseorang yang hamil harus perlu lebih mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar yodium yang cukup. Karena pada seseorang ibu hamil, kandungan yodium tidak hanya untuk ibu nya saja, melainkan untuk memenuhi kebutuhan yodium untuk janin yang di kandungnya.
Dan peningkatan kebutuhan yodium akan semakin meningkat sampai kepada tahap sepanjang menyusui, karena seorang bayi akan menerima yodium melalui asi. Jika seorang hibu hamil dan juga menyusui kekurangan asupan kadar yodium, kondisi ini akan menimbulkan efek samping yang berdampak tidak untuk seorang ibunya saja, tapi juga akan berdampak terhadap janin yang dikandungnya maupun terhadap bayinya.
Efek samping bagi ibu menyusui maupun ibu hamil, mungkin akan berdampak terhadap tumbuh nya penyakit gondok, mudah lemas, mudah lelah, merasakan kedinginan. Sedangkan untuk janin dan bayi, efek samping nya yaitu bisa menghambat dari pertumbuhan fisik dan juga perkembangan pada otak.

Efek Samping Kelebihan Yodium

Kebutuhan yodium memang sangat diperlukan, tapi jika Anda mengkomsi dalam jumlah banyak makan yang mengandung yodium, sehingga melebihan batas yang dibutuhkan oleh tubuh, Tentu saja kondisi ini juga sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut ini adalah penjelasan mengenai efek samping dari kelebihan yodium.
Jika anda mengkonsumsi yodium melebihi dari 2.000 miligram kondisi ini akan sangat berbahaya. Terutama pada individu yang didiagnosis dengan tuberkulosis atau penyakit ginjal. Mengkonsumsi yodium secara berlebihan dapat menjadi pemicu dari tumbuhnya kanker kanker papilari tiroid dan hipertiodisme. Oleh karana itu diperlukan keseimbangan yang sehat, tetapi kondisi setiap orang itu berbeda-beda, akan bereaksi secara berbeda-beda. Jadi kebutuhan yodium setiap orang juga pasti berbeda/
Sampai disini untuk pembahasan mengenai 5 Akibat kekurangan dan kelebihan yodium. Mudah-mudahan artikel ini memberikan Anda pengetahuan dan semoga bermanfaat. Sampai ketemu di artikel kesehatan lainya.
 



0 komentar:

Posting Komentar

Obat Gondok Beracun Berkhasiat

Popular Posts

Blog Archive

obatgondokberacun.web.id. Diberdayakan oleh Blogger.

Tanaman Herbal